BCA Gelar Roadshow Finhacks 2018 #DataChallenge di Yogyakarta

KORANBERNAS.ID – Sebelumnya, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyelenggarakan Finhacks dengan konsep “Hackathon”. Tapi tahun ini, untuk pertama kalinya BCA akan menyelenggarakan Finhacks dengan konsep “Data Challenge” didukung oleh DailySocial.id, Algoritma dan Kaskus.

Finhacks 2018 #DataChallenge, merupakan kompetisi untuk para talenta big data di Indonesia dalam mengembangkan solusi inovatif. Kompetisi ini merupakan wujud dukungan terhadap potensi anak bangsa di bidang data science, dan juga kontribusi BCA untuk mengembangkan solusi perbankan melalui kolaborasi dengan komunitas data science.

Disela-sela roadshow di Jogja, Sabtu (08/09/2018), Wakil Presiden Direktur BCA Armand Wahyudi Hartono menjelaskan pihaknya melihat meningkatnya antusiasme masyarakat, terutama komunitas data science untuk menghadiri dan mengikuti rangkaian kegiatan Finhacks dari tahun ke tahun.

Antusiasme tersebut menjadi motivasi utama untuk kembali menyelenggarakan event tahunan ini.

“Melalui ajang ini, BCA berharap dapat mewadahi potensi bakat anak bangsa di bidang data science dan mendorong talenta-talenta terbaik anak bangsa,” kata Armand.

Selain Jogja, sosialisasi kegiatan ini juga dilakukan di Jakarta (01/09/2018), serta di Bandung (15/09/2018).

Di tiap roadshow diadakan sesi sharing oleh para pakar dan juga workshop data science untuk meningkatkan pemahaman, wawasan, dan kemampuan para peserta di bidang data science.

Roadshow di Yogyakarta, mendatangkan tiga narasumber yaitu Data Scientist BCA Adhitya Bhaswara, Head of Data Analytics Traveloka Doan Siscus, dan Product Marketing Manager Data and AI Microsoft Marsya Juwita Aderizal.

Melalui roadshow yang bertajuk “Why Effective Data Science Needs Customer-Centric Mindset” ini, dibahas bagaimana  pengolahan data yang berpusat pada sudut pandang konsumen akan membantu bisnis lebih berkelanjutan.

Dalam rangkaian Finhacks 2018 #DataChallenge peserta dituntut untuk dapat mengembangkan model matematika yang mampu memberikan solusi untuk tiga kategori permasalahan utama yaitu Credit Scoring, Fraud Detection, dan ATM Cash Optimization. Masing-masing kategori akan dipilih lima tim terbaik untuk mendapatkan total hadiah senilai Rp 480 juta.

Armand menambahkan, pihaknya ingin mengajak semua pihak, terutama komunitas di bidang data science untuk bergabung dan memanfaatkan kesempatan ini demi mengembangkan talenta terbaiknya untuk memberikan kemudahan dan menemukan solusi perbankan yang bernilai tambah.

Kesempatan ini juga menjadi ajang untuk membangun jaringan, menambah wawasan, dan sharing pengetahuan terkait kemajuan bidang data science.

“Pecinta dunia data science yang ingin bereksplorasi dan tertarik mengikuti kompetisi ini dapat mulai mendaftar menjadi peserta,” katanya.

Pendaftaran dibuka dari 8 Agustus 2018 hingga 8 Oktober 2018 melalui website https://finhacks.id/ yang sekaligus dilakukan online pre assessment test.

Peserta yang telah mendaftar dan lulus online pre assessment test dapat mengikuti babak online data challenge. Dari tiga kategori yang dilombakan, akan dicari masing-masing 5 tim terbaik atau total ada 15  finalis untuk bersaing di babak final atau Demo Day yang diselenggarakan pada 14 November 2018.(*/SM)

Sumber: KORANBERNAS.ID

Ditayangkan pada: 12 Sep 2018 5:15:23

 

Kembali ke Halaman Utama

Powered By

Logo BCA

Organized By

Logo Dailysocial

Assessment Partner

Logo Algoritma

Media Partner

Logo Kaskus